Sabtu, 07 Desember 2013

adat istiadat kota sekadau

1/07/2013

MENGENAL MEMPELAJARI dan MEMAHAMI ADAT ISTIADAT Sub SUKU DAYAK MUALANG KABUPATEN SEKADAU



MENGENAL MEMPELAJARI dan MEMAHAMI ADAT ISTIADAT Sub SUKU
 DAYAK MUALANG
KABUPATEN SEKADAU
Oleh
Edy borneo kurniawan
1.KALIMANTAN BARAT
Kalimantan barat merupakan salah satu propinsi yang ada di pulau Kalimantan, Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah., dan beribu kotakan Pontianak.,Kalimantan barat di juluki daerah seribu sungai, karena terdapat banyak sungai besar dan kecil yang pernah dan sering di layari. Di antara nya sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Kalimantan barat memiliki 14 kabupaten/ kota
no
Kabupaten/kota
Ibu kota/madya
1
Kabupaten Sanggau
Sanggau permai
2
Kabupaten Sekadau
Sekadau
3
Kabupaten Sintang
Sintang
4
Kabupaten Sambas
Sambas
5
Kabupaten Landak
Ngabang
6
Kabupaten pontianak
Mempawah
7
Kabupaten Bengkayang
Bengkayang
8
Kabupaten Kapuas hulu
Putus sibau
9
Kabupaten Melawi
Nanga pinoh
10
Kabupaten ketapang
Ketapang
11
Kabupaten Kayong utara
Sukadana
12
Kabupaten Kubu raya
Sei raya
13
Kota seingkawang
singkawang
14
Kota pontianak
Pontianak
Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat menurut sensus tahun 2004 berjumlah 4.073.304 jiwa (1,85% penduduk Indonesia) Yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa di antara nya: Dayak, melayu, bugis, jawa ,sunda ,batak,dll
Suku dayak merupakan penduduk asli pulau Kalimantan,, di Kalimantan Kelompok Suku Dayak, terbagi dalam sub-sub suku yang kurang lebih jumlahnya 405 sub (menurut J. U. Lontaan, 1975). Masing-masing sub suku Dayak di pulau Kalimantan mempunyai adat istiadat dan budaya yang mirip, merujuk kepada sosiologi kemasyarakatannya dan perbedaan adat istiadat, budaya, maupun bahasa yang khas. Masa lalu masyarakat yang kini disebut suku Dayak, mendiami daerah pesisir pantai dan sungai-sungai di tiap-tiap pemukiman mereka.
Di Kalimantan barat suku dayak merupakan suku terbesar di antara suku lain nya, suku dayak di Kalimantan barat terbagi atas 6 suku besar yaitu:
1.Rumpun Kanayatn,
2.Rumpun Ibanic,
3.Rumpun Bidoih (Kidoh-Madeh),
4.Rumpun Banuaka",
5.Rumpun Kayaanic,
6.Rumpun Uut Danum,

di Kalimantan Barat ditemukan 151 subsuku Dayak, 100 sub-subsukunya, dan 168 bahasa Dayak ( Mozaik Dayak 2008)

. orang dayak di kenal ramah dan santun serta memiliki rasa kekerabatan yang tinggi yang di tandai dengan adanya rumah betang( rumah panjang) yang menjadi tempat hunian mereka(tempo doeloe)
2.KABUPATEN SEKADAU
Sekadau merupakan salah satu kabupaten yang ada di timur Kalimantan barat, yang beribukotakan sekadau,.nama sekadau di ambil dari nama sebuah pohon yang banyak di temui di  sungai sekadau , oleh orang setempat di kenal dengan nama pohon “adau”. Kabupaten Sekadau merupakan pemekaran dari Kabupaten Sanggau, yang terdiri dari Kecamatan Nanga Mahab, Kecamatan Nanga Taman, Kecamatan Sekadau Hulu, Kecamatan Sekadau Hilir, Kecamatan Belitang Hilir, Kecamatan Belitang, dan Kecamatan Belitang Hulu, dengan luas daerah 544.430 hektar.
Letak Geografis Kabupaten Sekadau terletak di antara 0 derajat 38 menit 23 detik Lintang Utara dan 0 derajat 44 menit 25 detik Lintang Selatan. Serta diantara 110 derajat 33 menit 7 detik Bujur Timur, dan 111 derajat 11 menit 44 detik Bujur Timur.
Batas Wilayah Kabupaten Sekadau terdiri dari :
Utara     : Kabupaten Sintang
Selatan  : Kabupaten Ketapang
Timur    : Kabupaten Sintang
Barat     : Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sekadau yang terdiri dari tujuh kecamatan jika dilihat kecamatan terluas adalah Kecamatan Belitang Hulu dengan luas 116.270 ha atau sekitar 21,36% dari luas kabupaten. Sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Belitang dengan luas 28.100 ha atau 5,16%
Kabupaten sekadau resmi di mekarkan resmi di mekarkan pada tahun 2003. Kabupaten sekadau terdiri dari dari 7 kecamatan di antara nya:
DAFTAR KECAMATAN DI KABUPATEN SEKADAU
No
KECAMATAN
IBU KOTA
1
Belitang
Nanga belitang
2
Belitang hulu
Balai sepuak
3
Belitang hilir
Sei ayak
4
Sekadau hilir
sekadau
5
Sekadau hulu
rawak
6
Nanga taman
Nanga taman
7
Nanga mahap
Nanga mahap
Di kabupaten sekadau terdiri dari sub suku dayak di antara nya:
1.      Dayak senganan
2.      Dayak mualang
3.      Dayak kerabat
4.      Dayak ketungau sesat dll
Dan suku yang terbesar adalah suku dayak mualang.
2. Asal Usul Dayak Mualang 
Dayak Mualang adalah nama salah satu Suku Dayak yang terdapat di Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Jumlah suku Dayak ini kurang lebih 65.000 jiwa (Florus,1992). Menurut tradisi mereka, mereka berasal dari (tempat warisan leluhur) Temawang Tampun Juah, di daerah Saih (anak Sungai Ketungau) dan Sungai Sekayam. Kebanyakan dari kelompok yang disebutkan di atas sama seperti Dayak dari Sanggau dan Dayak Sadong di Sarawak, juga mengatakan bahwa Tembawang inilah sebagai daerah asal mereka yang sebenarnya (Dunselman, 1955).Berdasarkan ciri Ehtnoluinguistic dan ciri kebudayaan, Dayak Mualang termasuk salah satu kelompok Dayak Ibanic. Ciri tersebut berdasarkan sastra lisan bekana, bejandeh dll, sastra tua atau cerita-cerita turun temurun dan penokohan tokoh yang di puja pada masa lalu diantaranya: keling, kumang, laja, ijau, punggak, inai abang, belun belunan dll
Mualang sendiri di populerkan karena terkait dengan seorang yang di puja yaitu: pahlawan, letnan yang di gelar Manok sabung / ayam aduan. karena si tokoh mualang tersebut merupakan seorang yang berani dan tak pernah mundur ia mempunyai semangat: ‘’AGEK IDOP AGEK NGELABAN’’ ( masih hidup masih melawan )oleh sebab itu beliau di jadikan simbol kepahlawanan pada masa lalu.

0 komentar:

Posting Komentar